Jumat, 04 Agustus 2017

5 Langkah Mencari Topik atau Niche pada Artikel Blog


Langkah mencari topik atau niche pada artikel blog memang harus diperlukan kejelian dan keseriusan, jika tujuan dari topik blog tersebut untuk bisa berpeluang sukses dan menimbulkan ketertarikan bagi pembaca (audience).

Masalah yang terjadi,

Pernahkah sobat bertanya-tanya dan kebingungan untuk memulai ngeblog, dikarenakan banyaknya keraguan di dalam hati seperti :
“Apakah saya mampu?”
“Saya kurang pandai menulis”
“Saya kurang berpengalaman”
“Saya kurang pengetahuan”, 
dan kurang-kurang lainnya.

Belum lagi ketika sobat dihadapkan dengan topik yang benar-benar sobat sukai ternyata sudah nampang di internet terlebih dulu, dan sayangnya topik blog calon saingan tersebut telah sukses menembus ketertarikan audience dengan traffic-nya. Dilema sudah!

Memikirkan tentang hal itu, kemungkinan yang terjadi adalah sobat memilih mundur sebelum maju. Itu mungkin terjadi, jika sobat memiliki pemikiran seperti ini “Ya udah gak usah dilanjutin, percuma blog saya juga akan kalah bersaing”.

Sebenarnya itu wajar terjadi kepada semua para blogger. Hanya yang membedakan dengan blogger yang sudah berpengalaman, mereka mempunyai tips dan triknya untuk mengatasi tentang topik yang sama dengan blog mereka.

Sekarang, apa yang harus sobat lakukan?

Ketika sobat dihadapkan dengan sesuatu yang membuat otak seakan tidak bekerja, maka sesungguhnya itu merupakan tantangan bagi sobat untuk melawan ketidakberdayaan itu. Tetap melangkah seperti tujuan sobat sebelumnya merupakan hal yang patut diperjuangkan, tepis keraguan yang mendera dan terus mengasah kemampuan serta bertahan dengan segenap apa yang sobat miliki. Itu adalah motivasi bagi sobat sendiri.

Apakah bisa seperti itu?

Tentu saja sangat bisa, jika sobat mau berusaha mencari solusinya.

Beberapa solusi langkah di bawah ini mungkin bisa sedikit membantu sobat dalam mencari dan menemukan topik atau niche blog sobat :

1. Luangkan waktu khusus untuk mencari inspirasi

Tujuan dari meluangkan waktu adalah untuk mencari inspirasi atau ilham. Mencari inspirasi tentang topik blog memang sungguh gampang-gampang susah. Ketika kita dihadapkan dengan berbagai macam topik dan diharuskan memilih salah satu untuk fokus.

Benarkah begitu,

Kenyataannya demikian, fokus pada satu topik dalam hal penulisan di blog memang berperan penting untuk kesuksesan sebuah tulisan (artikel). Jika ini benar-benar diterapkan dari awal, maka sesungguhnya sangatlah sulit untuk benar-benar merealisasikannya.

Kenapa?

Realisasi butuh yang namanya komitmen, kesadaran dan kerja keras, dan nyatanya memang tidak mudah menemukan sebuah ide atau inspirasi untuk di tulis dan dituangkan dalam topik blog yang benar-benar fokus pada satu bidang. Makanya kenapa dibutuhkan untuk perenungan, bertapa mencari ilham untuk menemukan topik ini. Tentunya bertapa disini di depan laptop atau smartphone sobat lho ya...

Meluangkan waktu ini bertujuan supaya sobat mendapatkan inspirasi ngeblog seperti langkah di bawah ini :
  • Browsing nonton video di youtube tentang “how’s to…”
  • Berguru ke mbah Google, search engine ketikkan kata secara acak
  • Tulis pengalaman sobat terdahulu yang benar-benar membekas di ingatan
  • Tulis cita-cita atau harapan sobat ke masa depan
  • Cari topik yang serius di Wikipedia, Online Journal, Journal LIPI, dsb
  • Menulis review sebuah cerita film yang sudah dan belum tayang
Itu adalah sedikit gambaran mencari inspirasi untuk topik blog sobat. Selanjutnya sobat bisa mencari ide topik blog dengan cara-cara yang sobat kehendaki.

2. Lakukan survey trending di Forum dan Sosial Media

Situs-situs komunitas merupakan sarana yang patut sobat coba untuk mendapatkan ide topik blog sobat. Disana banyak bahasan tentang topik blog yang sedang tren pada saat itu.

Bagaimana caranya,

Untuk Forum, gunakan search engine Google ketikkan kata kunci “forum [topik]”, contoh sobat ketikkan “forum otomotif” maka sobat akan menemukan berbagai bahasan tentang topik tersebut.

Untuk Facebook, cari group yang membahas topik blog. Caranya tuliskan di kolom pencarian “group tentang [topik]”, tuliskan [topik] sesuai dengan apa yang sobat inginkan, misal “group tentang travelling”.

3. Dapatkan ide topik dari blog yang sukses

Ini adalah cara yang sering digunakan oleh para blogger. Mencari ide topik blog dengan membaca isi artikel atau konten dari blog tersebut yang kemudian di jadikan objek tulisan di blog kita.

Akan tetapi banyak blogger terjebak pada tulisan dari satu blog yang di baca. Kecenderungan itu muncul ketika tulisannya hampir sama persis dengan yang menjadi objek blog yang di baca tersebut.

Solusinya,

Sobat jangan terpaku kepada satu blog saja, baca setidaknya minimal 5 blog yang sesuai dengan topik blog yang sobat inginkan. Tuangkan ke blog sobat dengan gaya tulisan sobat sendiri dengan menggabungkan ide dari ke-5 blog yang sudah sobat baca.

4. Tulis catatan setiap melakukan kegiatan

Pencatatan suatu kegiatan merupakan salah satu cara simpel supaya sobat memperoleh ide topik yang kemudian sobat bisa tuangkan ke dalam blog. Setiap sobat melakukan kegiatan apapun usahakan sobat tulis di buku khusus sobat.

5. Mencari partner diskusi

Ide topik blog sebenarnya bisa didapatkan dari manapun, sharing merupakan salah satu contoh bagus untuk menemukan topik blog kita. Cari partner diskusi yang baik untuk perkembangan blog sobat ke depan. Bisa dari teman, dari forum diskusi, dan lain sebagainya.
Tetap mementingkan kualitas topik atau niche blog adalah suatu keharusan, karena tujuan dari blog tersebut adalah untuk meraih kepuasan pembaca (audience). Lain halnya dengan yang tidak punya tujuan, hanya iseng, ingin eksis saja, itu lain cerita.
Sekian tips dari saya, Semoga Bermanfaat...